7 Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Bunga Sakura, Yuk Dicoba!

7 Makanan dan Minuman Berbahan Dasar Bunga Sakura, Yuk Dicoba!

Negara Jepang merupakan salah satu negara yang sudah maju di berbagai bidang. Oleh karena itu, negara Jepang memiliki banyak sebutan, sebut saja Negara Matahari Terbit dan juga Negeri Sakura.

Bunga Sakura adalah bunga dengan kelopak yang warnanya indah, ada yang warna putih, merah jambu, kuning muda, hijau mudah, atau merah menyala. Namun, bunga Sakura pada umumnya sering dilambangkan dengan warna pink yang lembut.

Bunga Sakura (sumber: pegipegi)

Bunga Sakura biasanya mulai mekar antara akhir bulan Maret sampai awal bulan April. Namun, bunga Sakura tidak bertahan lama dan hanya mekar selama 7 sampai 10 hari sebelum akhirnya bunga mulai rontok satu persatu. Makanya, melihat bunga Sakura yang sedang mekar sempurna merupakan momen langka yang banyak diincar oleh turis.

Orang Jepang sendiri memiliki tradisi piknik beramai-ramai di bawah pohon sakura untuk menikmati mekarnya bunga berwarna pink tersebut. Tradisi ini disebut dengan hanami.

Nah, saking terkenalnya bunga Sakura, di Jepang sampai dibuat berbagai macam santapan berbahan dasar bunga tersebut lho! Kira-kira apa aja sih? Yuk, simak artikel macam-macam santapan yang dibuat dari bunga Sakura di bawah ini!

 

  1. Mochi Sakura
Mochi Sakura (sumber: justonecookbook)

Mochi adalah kue Jepang yang terbuat dari beras ketan dan memiliki tekstur yang kenyal serta lembut. Biasanya, mochi diisi dengan berbagai macam topping seperti kacang, pasta kacang merah, dan lain-lain.

Nah, di Jepang, kue mochi ini juga punya rasa bunga sakura lho! Dengan bunga dan daunnya yang manis, bunga Sakura ditumbuk menjadi lembut dan dimasukkan ke dalam olahan mochi. Biar makin enak, kue mochi rasa Sakura ini dibungkus dengan daun yang sudah dijadikan acar sehingga menghasilkan perpaduan rasa yang manis dan asin.

 

  1. Onigiri Sakura
Onigiri Sakura(sumber: justonecookbook)

Onigiri merupakan nasi kepal khas Jepang yang biasanya berbentuk segitiga atau bulat. Onigiri dibuat dari beras khusus yang mudah melekat sehingga mudah dibentuk dan tidak berantakan saat dihidangkan. Umumnya, onigiri dibungkus dengan rumput laut kering atau nori untuk menambah cita rasa.

Cara memasak Sakura Onigiri ini bisa dengan berbagai macam cara. Namun biasanya bunga Sakura dimasukkan dan dimasak bersama beras sehingga rasa dari bunga Sakura menyerap ke nasi yang sudah jadi.

 

  1. Es Krim Sakura
Es Krim Sakura (sumber: pinterest)

Santapan selanjutnya adalah Ice Cream Sakura. Cara mendapatkan rasa Sakura untuk olahan es krim ini berbeda-beda. Ada yang menggunakan ekstrak bunga Sakura, ada pun yang menggunakan perasa buatan. Tapi, nggak jarang, ada juga yang menggunakan bunga Sakura sungguhan untuk langsung dicampur bersama es krimnya lho!

Secara teknis, bunga Sakura dibuat dengan proses shiozuke. Shiozuke yaitu proses mengawetkan bunga Sakura dengan cara dikeringkan dan diberi garam.

Dengan begitu, Ice Cream Sakura yang dibuat dengan proses ini akan memiliki perpaduan rasa yang unik, yaitu manis dan asin bersamaan.

 

  1. Selai Sakura
Selai Sakura (sumber: goinjapanesque)

Nah, olahan bunga Sakura yang satu ini cocok banget bagi kamu yang suka makan roti! Selai Sakura dibaut dari sari-sari bunga aslinya. Teksturnya yang lembut dan meleleh di mulut bercampur dengan rasanya yang manis dan segar. Selai Sakura sangat nikmat bila dicampur dengan camilan seperti roti tawar, cake, es krim, cookies, dan lain-lain.

 

  1. Teh Sakura
Teh Sakura (sumber: allabout-japan)

Sama seperti bunga Melati yang direbus untuk menghasilkan teh melati, bunga Sakura juga sering dijadikan pilihan untuk rasa teh di Jepang. Biasanya, teh Sakura ditemukan saat perayaan pernikahan di Jepang. CIta rasa dari teh Sakur ini yaitu manis dengan sedikit rasa asin. Dengan hiasan bunga Sakura yang ditaruh di tehnya membuat teh Sakura ini kelihatan jadi minuman yang elegan.

 

  1. Taiyaki
Taiyaki Sakura (sumber: littlemissbentoblog)

Taiyaki merupakan kue khas Jepang yang memiliki bentuk menyerupai ikan. Kue yang biasanya berisi pasta kacang merah ini memang sangat terkenal, kamu pasti pernah menemukannya di drama, film, atau komik asal Jepang.

Namun, sekarang semakin banyak variasi dari Taiyaki, salah satunya rasa bunga Sakura. Dengan menyicipi kue manis rasa Sakura ini, kamu jadi bisa merasakan suasana musim semi di Jepang.

 

  1. Kopi Sakura
Kopi Sakura (sumber: moshimoshi-nippon)

Pada musim semi tahun 2019 lalu, salah satu produsen kopi terkenal Starbucks ikut menyemarakan musim semi dengan mengeluarkan menu spesialnya yaitu Sakura Full Milk Latte dan Sakura Full Frappucino. Kedua minuman ini sama-sama menggunakan bunga Sakura dan buah strawberi sebagai bahan dasarnya karena keduanya dianggap sebagai lambang musim semi.

Menu limited edition ini dibuat dengan campuran susu, krim, cokelat serut, jeli strawberi, dan jeli sakura. Menu ini sempat popular dan digemari oleh banyak orang.

 

Wah, ternyata banyak banget ya makanan dan minuman yang dibuat dengan bahan dasar bunga Sakura! Memang, bunga Sakura sangat populer karena warnanya yang cantik dan wanginya yang harum.

Nah, mukena Tazbiya juga punya beberapa series yang memakai bunga Sakura sebagai motif utamanya lho! Ada Sakura Forest, Sakura Lagoon, Autumn Sakura, dan Sakura Path. Semuanya didesain dengan motif dan warna yang cantik, sama seperti bunga Sakura!

 

  1. Sakura Forest

  2. Sakura Lagoon
  3. Autumn Sakura

  4. Sakura Path

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *