Sibuk dan Nggak Punya Banyak Waktu? Coba 6 Quality Time dengan Anak Ini!

 

 

 

Ukhti, apa sih quality time itu? Quality Time adalah waktu ­berharga yang dihabiskan bersama orang-orang terdekat kita seperti sahabat, suami, orangtua, atau anak. Biasanya, saat menghabiskan quality time, kita benar-benar fokus berinteraksi dengan orang tersebut tanpa adanya gangguan apapun.

Nah, biasanya, yang paling membutuhkan perhatian dan kasih sayang adalah anak. Untuk mempererat hubungan antara ibu dan anak, diperlukan sesi quality time yang optimal.

Namun, hal yang sering jadi permasalahan para ibu adalah minimnya waktu luang yang dimilikinya. Baik wanita kantoran atau ibu rumah tangga, pasti Ukhti punya kesibukannya sendiri-sendiri. Di tengah kesibukan Ukhti sehari-hari, mungkin Ukhti sering merasa sulit untuk meluangkan quality time bersama anak.

Tapi, sesibuk apapun kegiatan Ukhti, sempatkanlah sedikit waktu untuk sesi quality time bersama anak agar anak selalu merasa disayangi. Mulailah dengan pola pikir ‘luangkan waktu, bukan mencari waktu luang’.

Tidak masalah jika Ukhti hanya punya waktu 10 menit bersama anak, yang penting bukanlah jumlah waktunya, tapi kualitas waktu yang dihabiskan bersama.

Nah, berikut ini, Mukena Tazbiya punya beberapa rekomendasi kegiatan quality time bersama anak yang pastinya mudah dan tidak memakan waktu!

 

Membaca dongeng

Membaca dongeng (Sumber: theconversation)

 

Jaman dulu, anak kecil sering minta dibacakan dongeng oleh orangtuanya. Seiring berkembangnya zaman, mungkin sekarang kegiatan mendongeng sudah jarang dilakukan karena tergantikan oleh kehadiran gadget.

Namun, ternyata mendongeng punya banyak manfaat untuk orangtua dan anak lho, Ukhti! Manfaat yang paling utama yaitu menciptkan momen premium antara ibu dan anak, karena kegiatan mendongeng ini mengharuskan ibu dan anak agar fokus kepada satu sama lain.

Membaca dongeng pada anak juga berfungsi menambah wawasan anak, mengasah daya imajinasi anak, menanamkan pesan moral pada anak, dan memperkenalkan anak kepada kemampuan dasar literasi. Sebisa mungkin, cerita dongeng yang dipilih adalah cerita yang nemiliki banyak pesan moral dan amanat ya, Ukhti.

Ukhti bisa memilih cerita rakyat, fabel, atau dongeng kerajaan sekalipun, asal memiliki makna yang baik di dalamnya. Bahkan, lebih bagus lagi kalau Ukhti menceritakan kisah tauladan nabi kepada anak.

 

Memasak bersama

Memasak bersama anak (Sumber: olgasflavorfactory)

Kegiatan memasak bersama anak mungkin kedengarannya bahaya dan merepotkan. Tapi sebenarnya memasak bersama anak merupakan sebuah kegiatan yang seru lho, Ukhti. Asalkan Ukhti tahu resep apa yang mudah dan sekiranya tidak berbahaya untuk anak. Misalnya, membuat kue bolu, banoffee pie, pudding, atau pancake.

Selain itu, agar kegiatan memasak terasa lebih menyenangkan, Ukhti bisa memilih bahan makanan yang berwarna-warni seperti wortel, tomat, brokoli, pisang, dan lain-lain. Atau, Ukhti juga bisa menyiapkan alat-alat masak khusus anak dengan motif-motif lucu.

Ketika memasak bersama anak, Ukhti harus ingat bahwa anak hanya membantu, bukan benar-benar memasak. Oleh karena itu, seharusnya anak hanya melakukan kegiatan-kegiatan kecil seperti memecahkan telur, mencuci buah-buahan, atau menata makanan yang sudah jadi.

 

Mengerjakan PR

Mengerjakan PR bersama anak (Sumber: themotherlist)

Nah, kalau yang ini merupakan salah satu kegiatan quality time paling mudah dan simpel lho. Setiap anak membawa PR dari sekolah, Ukhti bisa mengerjakan PR bersama anak di rumah.

Sebagai orangtua, rasanya wajib untuk mengetahui dan mengenal seluruh kegiatan anak, baik di rumah maupun di sekolah. Jadi, mengerjakan PR juga berfungsi untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman anak akan materi yang diajarkan di sekolah.

 

Bersih-bersih rumah

Bersih-bersih rumah bersama anak (Sumber: smartparenting)

Selain bisa mengurangi pekerjaan rumah, kegiatan ini juga berfungsi untuk membiasakan anak menjaga kerapihan dan kebersihan.  Anak tidak perlu melakukan hal-hal berat seperti menyapu atau mengepel. Ukhti bisa mengajarkan anak melakukan hal-hal kecil yang sepele tapi memiliki efek yang besar, seperti merapihkan mainan, membuang sampah pada tempatnya, menata rak, dan lain-lain.

 

Makan bersama

Makan bersama anak (Sumber: romper)

Baik itu makan siang atau makan malam, cobalah ajak anak untuk duduk dan makan bersama. Sambil menikmati hidangan, Ukhti bisa berbincang bersama anak sambil menanyakan kegiatan dan cerita serunya di sekolah.

Dilansir dari situs romper, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Université de Montréal, anak yang secara rutin makan bersama keluarganya memiliki kesehatan fisik dan mental jangka panjang yang lebih tinggi. Dengan begitu, anak yang secara rutin makan bersama keluarganya akan jauh lebih sehat dan bahagia ketimbang mereka yang tidak.

 

Ajak anak sholat berjamaah

Anak merupakan salah satu amanah yang diberikan oleh Allah SWT. Oleh karena itu sudah seharusnya sebagai orangtua untuk menjaga amanah tersebut dengan baik, termasuk dengan cara mendidik anak di jalan yang benar.

Mengajarkan anak beribadah sejak kecil bertujuan untuk membiasakan mereka di kemudian hari. Apalagi yang paling penting adalah mengajarkan anak untuk sholat karena sholat merupakan rukun islam yang kedua.

Nah, cara mengajari anak untuk sholat pastinya harus dengan sabar dan kasih sayang. Karena, anak butuh waktu untuk menghapal do’a dan gerakan sholat tersebut.

Selain itu, agar anak lebih bersemangat untuk belajar sholat, ada baiknya Ukhti memakai mukena couple bersama anak. Mukena Tazbiya memiliki beberapa koleksi khusus mukena couple untuk ibu dan anak, yaitu Pretty Flower, Drawing Leaf, Forest Rose, Little Kawung, Moon Mirage, dan Baby Soul.

Selain untuk menambah kekompakan, dengan memakai mukena couple yang motifnya cantik-cantik ini, insya Allah anak Ukhti akan lebih bersemangat dan antusias dalam mempelajari gerakan-gerakan sholat.

 

1. Pretty Flower Pink

View this post on Instagram

Mengajarkan anak untuk shalat dari kecil merupakan sebuah hal yang baik untuk dilakukan agar anak mulai terbiasa untuk menunaikan ibadah wajib tersebut. . Nah, untuk memberi motivasi kepada anak, cobain deh Ukhti pakai mukena couple ini. . Mukena Pretty Flower juga ada warna Pink-nya lho, Ukhti. Warnanya yang feminim cocok banget untuk Ukhti dan anaknya yang suka warna-warna girly. Ukhti sudah pesan belum?😍 In Frame Pretty Flower Pink 💐 Bahan Viscose (dingin, lembut, tidak menerawang) 💐 Harga Rp149.000 💐 All size fit to XL 💐 Untuk pemesanan, bisa melalui shopee.co.id/tazbiya atau ke nomor 081389933443 (Admin Mutia) #mukenatazbiya #indahdalamberibadah #mukenamotif #mukenaplain #mukenarayon #mukenadewasa #mukenamurah #mukenamotiftazbiya

A post shared by Indah Dalam Beribadah (@mukena_tazkia) on

 

2. Kids Drawing Leaf Purple

 

3. Kids Forest Rose Salem

View this post on Instagram

Assalamualaykum, ukhti sholihah…. Weekend begini emang paling enak dihabiskan untuk bercengkerama bersama orang-orang terkasih. Bisa masak bareng, olahraga bareng, atau sholat berjamaah. Nah pas banget, mukena couple ibu dan anak ini bisa jadi pelengkap kalian untuk beribadah. Motifnya yang lucu dan bahannya yang super nyaman, bikin ibadah jadi makin khusyuk. Yuk tunggu apalagi, segera order yaaaa 😍😍 ——- In Frame KIDS FOREST ROSE SALEM (include Cutie Bag) 💕 Bahan Katun Rayon (dingin, lembut, dan tidak menerawang) 💕 Size Anak (untuk Anak Usia 8-10 tahun) Panjang atasan Mukena 94-110 cm Panjang Rok Mukena 93 cm 💕 Harga Mukena Anak Rp115.000 💕 Order LINK tazbiya.id/shops

A post shared by Indah Dalam Beribadah (@mukena_tazkia) on

 

4. Kids Little Kawung Pink

Kids Little Kawung Pink

 

5. Kids Moon Mirage Khaki

 

6. Kids Baby Soul Green

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *